Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Psikologi » Bekerja Jadi Lebih Semangat Dengan 6 Langkah Ini

Bekerja Jadi Lebih Semangat Dengan 6 Langkah Ini

(778 Views) November 2, 2015 2:25 am | Published by | Comments Off on Bekerja Jadi Lebih Semangat Dengan 6 Langkah Ini

man-working-at-desk

Berangkat kerja pagi hari dan pulang menjelang malam, banyaknya pekerjaan yang seolah-olah tak ada habisnya, belum lagi kemacetan yang merajalela, kerap membuat kita malas dan tidak bersemangat untuk bekerja. Turunnya semangat akan membuat kita menjadi tidak produktif, kinerja pun menjadi buruk. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memelihara semangat kerja agar tetap menyala.

Berikut ini ada enam langkah yang bisa Anda lakukan agar semangat bekerja sehingga menjadi lebih produktif.

1.Baca dzikir pagi dan atau al qur’an

Seluruh aktivitas yang dimulai dengan doa dan mengingat Allah Ta’ala akan insyaAllah akan memberikan keberkahan. Rutinkan bangun pagi sekaligus dzikir pagi dan tilawah al qur’an beberapa lembar. Supaya hati makin tenang dan semangat mencari rezeki-Nya yang bertebaran di muka bumi.

2.Tanamkan rasa syukur

Setiap ada rasa malas yang datang ketika ingin memulai pekerjaan, mulailah mengingat bahwa masih banyak orang di luar sana yang belum memiliki pekerjaan. Bersyukurlah karena Anda bekerja dengan kondisi sehat, masih diberi kesempatan untuk mencari rezeki dengan jalan yang halal, masih diberi nikmat waktu untuk bermanfaat buat orang banyak, dan lain-lain. Orang yang banyak bersyukur bisa bekerja dengan penuh semangat, antusiasme, dan optimisme, lebih daripada orang yang bekerja disertai stres dan sejenisnya. dibawa happy aja.

3.Membersihkan meja kerja

Kebersihan dan kerapian meja kerja cukup berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas kerja. Meja kerja yang bersih dan rapi membuat Anda nyaman bekerja dan lebih efektif apabila mencari-cari barang atau berkas.

4.Menyapa teman kerja

Dari al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.“ (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Menjaga silaturahim dan hubungan baik dengan teman kerja juga penting untuk mencapai target-target. Dengan hubungan baik, kerjasama pun akan berjalan dengan baik.

5.Menuliskan target yang ingin dicapai

Dengan menuliskan target-target yang ingin dicapai pada hari itu, akan membuat Anda lebih bersemangat bekerja. Di akhir jam kerja Anda juga bisa mengevaluasi pekerjaan-pekerjaan apa saja yang sudah mencapai target dan mana yang belum.

6.Membuat to do list

Dengan membuat to do list atau daftar pekerjaan yang dikerjakan, akan membantu Anda membuat skala prioritas pekerjaan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Anda juga jadi tidak perlu bingung, ada ada pekerjaan yang terlupa.

Sumber: Annida Online

Comment Closed: Bekerja Jadi Lebih Semangat Dengan 6 Langkah Ini

Sorry, comment are closed for this post.