Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pendidikan Anak » Bekali Anak Pengetahuan ini agar Menjadi Korban Penculikan atau Pelecehan Seksual!

Bekali Anak Pengetahuan ini agar Menjadi Korban Penculikan atau Pelecehan Seksual!

(644 Views) September 15, 2015 2:59 pm | Published by | Comments Off on Bekali Anak Pengetahuan ini agar Menjadi Korban Penculikan atau Pelecehan Seksual!

Pada usia mulai 4 tahun, anak sudah semakin lancar untuk bersosialisasi dengan orang lain. Banyak orang tua yang sudah memasukkan anaknya pada sekolah-sekolah pendidikan dini. Dengan demikian, interaksi si kecil dengan orang lain pun semakin intens. Nah, ibu dan ayah harus memperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika mereka berada di ruang publik. Dari yang normal hingga yang terburuk misalnya penculikan dan pelecehan seksual.

  • Identitas Diri dan Keluarga

Ajarkan pada anak untuk menghafal nama-nama keluarga mulai dari ayah, ibu, adik dan anggota rumah lainnya seperti nama supir dan pembantu rumah tangga. Bisa jadi ketika anak tersesat, pedagang-pedagang di sekitar komplek hanya tahu nama pembantunya atau supir saja. Anak juga dibekali dengan identitas tempat tinggal dan nomor telepon yang mudah dihafalkan dan bagaimana cara menelepon. Pancing anak dengan pertanyaan, “Siapa namamu? Tinggal dimana? Anak siapa? Nomor teleponnya berapa?” Dengan demikian anak akan terbiasa dengan identitas dirinya yang berguna saat ia tersesat dan sebagainya.

  • Klasifikasi Orang Asing

Mengenalkan anak dengan banyak orang akan membuat keberanian dan kemampuan sosialisasinya bertambah. Anda bisa klasifikasikan tentang orang-orang yang masuk dalam kelompok keluarga, tetangga, teman hingga orang asing yang belum dikenal. Anda bisa memberitahunya bahwa semua orang yang pernah Anda kenalkan adalah orang baik, yang belum adalah masuk orang asing yang tidak boleh terlalu dekat. Anda juga bisa mengenalkan bahwa satpam, polisi, hansip dan lainnya adalah penjaga keamanan. Katakan pada anak bahwa mereka siap melindungi dan melawan orang asing. Ini bisa mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi. Seks

  • Menolak Makanan

Jangan lupa mengajarkan untuk tidak menerima makanan dari orang lain. Anda bisa mengajarkan cara-cara yang baik untuk menolak makanan tersebut dari orang asing misalnya,” Terimakasih tante/om, ayah dan ibu melarang aku untuk menerima makanan”. Dengan demikian, orang akan mengerti bahwa Anda sedang melakukan antisipasi terhadap anak. Apabila orang asing tersebut memaksa, Anda bisa mengajarkan juga tahap ke dua yaotu dengan, “Maaf tante/om. Mungkin aku bisa menerima tapi nanti tunggu mama ya.” Pada tahap ini Anda bisa mengajarkan juga apa arti sopan santun dan bagaimana berattitude terhadap orang asing.

  • Menolak Ajakan

Ini sama halnya seperti menolak makanan tadi. Hanya Anda harus menambahkan beberapa pengetahuan dasar untuk melindungi diri seperti berteriak, minta tolong hingga berlari mencari satpam atau polisi terdekat bila orang asing memaksa. Dengan demikian, anak tahu kapan dan bagaimana ia harus melindungi diri.

  • Pengetahuan Tentang Seks

Pengetahuan tentang seks ini mendasari anak bagaimana ia boleh berperilaku dan diperlakukan. Tunjukkan bahwa ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Bagian mana yang boleh dipegang dan tidak. Ajarkan bahwa selain orangtua atau mama tidak ada yang boleh memegang anak pada bagian yang vital tersebut. Dengan demikian anak mengerti bahwa dirinya sedang aman atau tidak dengan orang lain. Apabila ada penyimpangan, anak juga tahu dan Anda akan lebih mudah mengetahuinya.

Semoga Informasi ini bermanfaat untuk kita, terutama para ibu yang memiliki anak yang sudah mulai beranjak dewasa.

Comment Closed: Bekali Anak Pengetahuan ini agar Menjadi Korban Penculikan atau Pelecehan Seksual!

Sorry, comment are closed for this post.