Menu Click to open Menus
Home » Kisah » Begini Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Orang Lain

Begini Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Orang Lain

(582 Views) November 21, 2015 4:39 pm | Published by | Comments Off on Begini Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Orang Lain

TetanggaApabila kita mengaku sebagai umat Nabi Muhammad SAW, tentunya kita harus mengikuti segala sesuatu yang Beliau ajarkan. Ajaran Nabi tidak hanya terkait masalah ibadah kita kepada Allah SWT, namun juga ketika berhubungan dengan orang lain. Berikut ini perilaku yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dalam memperlakukan orang lain.

Perlakuan Rasulullah Terhadap Tetangga

Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan lingkungan kita sehari-hari. Oleh karena itu memiliki hubungan yang baik dengan tetangga sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang beliau wasiatkan.

“Jibril selalu saja mewasiatkan padaku akan hak tetangga, sampai-sampai aku menyangka bahwa dia akan mewarisi aku.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah juga berwasiat kepada Abu Dzar al-Ghifari,

“Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak gulai, perbanyaklah airnya dan bagikanlah kepada tetanggamu.” (H.R. Muslim)

Rasulullah sering mengingatkan agar tidak menyakiti tetangga,

“Tidak akan masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman karena ulah perbuatannya.” (H.R. Muslim)

Dan sebagai penghormatan dan penghargaan kepada tetangga, beliau bersabda,

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berbuat baik kepada tetangganya.” (H.R. Muslim)

Pergaulan yang Baik

Aisyah radiyallahu ‘anha berkata, “Kalau Rasulullah mendengar atau mendapat informasi tentang seseorang (kejelekannya), beliau tidak berkata, “Untuk apa si fulan berkata begini…” melainkan beliau berkata, “Untuk apa orang-orang berkata begini, begitu…” (H.R. Tirmidzi)

Diceritakan oleh Anas bin Malik bahwa seseorang menghadap Rasulullah, sedangkan di wajahnya ada bekas sesuatu yang kekuning-kuningan. Rasulullah jarang menjumpai hal yang serupa itu karena beliau tidak senang dengan orang yang tidak memperhatikan kebersihan. Setelah orang itu pergi, Rasulullah berkata, “Seandainya kalian menyuruhnya untuk membersihkan wajahnya terlebih dulu, hal itu lebih baik bagi kalian.” (H.R. Abu Daud dan Ahmad)

Ibnu Mas’ud radiyallahu ‘anhu berkata bahwa “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Akankah aku beritahukan kalian orang yang haram masuk neraka, atau orang yang neraka dilarang untuk membakar tubuhnya? Yaitu kerabat dekat yang lemah lembut, terbuka, ramah, dan mudah bergaul.”

Hak-Hak yang Harus Dipenuhi

Dalam hidup manusia ada hak-hak yang harus dipenuhi, hak Allah, hak orang lain dan hak diri sendiri. Nabi Muhammad memberikan contoh kepada kita semua dalam memenuhi ketiga hak tadi secara adil.

Anas menceritakan, “Telah datang tiga (kelompok) orang ke rumah Rasulullah menanyakan tentang ibadah beliau. Setelah mereka diberitahu, seakan-akan mereka sukar mempercayainya. Mereka berkata, ‘Apalah artinya kita jika dibandingkan dengan Rasulullah, sedangkan beliau telah diampuni segala dosanya?’

Salah seorang di antara mereka berkata, ‘Aku akan selalu bangun dan shalat di tengah malam selamanya.’ Yang seorang lagi berkata, ‘Aku akan berpuasa sepanjang masa tanpa berbuka.’ Sedangkan yang satu lagi berkata, ‘Aku akan menjauhi wanita dan tidak akan menikah.’ Kemudian datanglah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam kepada mereka dan bersabda,

“Kalian yang telah mengatakan begini dan begitu? Ketahuilah, demi Allah aku orang yang paling bertakwa di antara kalian, akan tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku shalat dan tidur, dan aku menikah. Maka barangsiapa yang tidak setuju dengan sunnahku maka dia bukan dari golonganku.” (Muttafaq ‘alaih)

Sumber: Lampu Islam

Comment Closed: Begini Cara Nabi Muhammad Memperlakukan Orang Lain

Sorry, comment are closed for this post.