Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Begini Adab Berhubungan Badan Yang Diajarkan Rasulullah Bagi Pasangan Suami Istri

Begini Adab Berhubungan Badan Yang Diajarkan Rasulullah Bagi Pasangan Suami Istri

(989 Views) February 9, 2016 5:09 pm | Published by | Comments Off on Begini Adab Berhubungan Badan Yang Diajarkan Rasulullah Bagi Pasangan Suami Istri

kamar-pengantin.ii-jpg_Bagi pasangan suami istri berhubungan badan bukanlah sekedar untuk melampiaskan hasrat dan syahwat, namun juga bagian dari ibadah dan pemenuhan hak dan kewajiban satu sama lain. Islam pun mengatur tata cara atau adab berhubungan badan bagi pasangan suami istri seperti yang telah dicontohkan Rasulullah.

Berikut ini adalah adab behubungan badan bagi suami istri yang bisa Anda contoh.

Membersihkan diri

Sebelum berhubungan badan suami dan istri saling membersihkan diri, meliputi seluruh badan dan juga kebersihan mulut. Hal ini untuk mencegah bakteri atau penyakit yang ikut masuk dan justru membahayakan pasangan.

Memakai wangi-wangian

Pasangan suami istri disunahkan memakai wangi-wangian yang disukai pasangannya untuk menambah ketertarikan satu sama lain. Hal ini sesuai dengan salah satu sunah Nabi, Beliau bersabda: “Empat macam diantara sunnah-sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah” (HR. Tirmidzi).

Shalat dua rakaat

Rasulullah mencontohkan untuk melakukan shalat dua raka’at sebelum berhubungan badan, khususnya bagi pengantin baru ketika memulai malam pertama.

Berdandan dan berpakaian yang disukai pasangan

Untuk istri, berpakaian dan berdandanlah seperti yang suami Anda sukai. Begitu pula dengan suami, berpenampilanlah seperti yang istri Anda sukai. Sebuah hadits menyebutkan“Sebaik-baik istri kalian adalah yang pandai menjaga diri lagi pandai membangkitkan syahwat. Yakni keras menjaga kehormatan dirinya lagi pandai membangkitkan syahwat suaminya.” (HR. Ad Dailami).

Berhubungan badan ditempat tertutup

Islam menganjurkan untuk berhubungan badan ditempat tertutup dan tidak diketahui oleh orang lain termasuk anak. Jika anak tidur bersama orang tua, hendaknya orang tua berpindah kamar untuk berhubungan badan.

Berdoa sebelum berhubungan badan

Sebelum berhubungan badan bacalah doa berikut ini.

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan Nama Allah, Ya Allah! Jauhkan kami dari syetan, dan jauhkan syetan agar tidak mengganggu apa (anak) yang Engkau rezekikan kepada kami” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melakukan pemanasan

Rasulullah melarang seorang suami yang menggauli istrinya secara langsung tanpa pemanasan atau mubasharah terlebih dahulu seperti layaknya binatang. Beliau menganjurkan untuk bercumbu rayu terlebih dahulu. Seperti pada hadist, “Janganlah salah seorang di antara kalian menggauli istrinya seperti binatang. Hendaklah ia terlebih dahulu memberikan pendahuluan, yakni ciuman dan cumbu rayu,” (HR. Tirmidzi).

Saling memberi hak untuk mencapai kepuasan

Berhubungan badan sepatutnya tidak hanya untuk membahagiakan satu pihak saja, namun untuk keduanya. Oleh karena itu usahakan suami dan istri sama-sama memperoleh kepuasan batin.

“Apabila salah seorang diantara kamu menjima’ istrinya, hendaklah ia menyempurnakan hajat istrinya. Jika ia mendahului istrinya, maka janganlah ia tergesa meninggalkannya.” (HR. Abu Ya’la)

Mencuci kemaluan serta berwudhu jika ingin melakukannya kembali

Apabila Anda telah selesai berhubungan badan dan ingin mengulanginya lagi, maka berwudhulah terlebih dahulu sebelum mengulanginya.

“Jika salah seorang di antara kalian mendatangi istrinya, lalu ia ingin mengulanginya, maka hendaklah ia berwudhu.” (HR. Muslim).

Mandi besar setelah berhubungan badan

Setelah selesai berhubungan badan, suami dan istri diwajibkan untuk membersihkan badan dengan mandi besar.

Semoga Anda dan suami dapat menerapkannya ketika berhubungan badan, sehingga apa yang Anda lakukan bisa mendapat keberkahan dari Allah Ta’ala dan menjadi nilai ibadah. Aamiin.

Sumber: Muslimah Corner

Comment Closed: Begini Adab Berhubungan Badan Yang Diajarkan Rasulullah Bagi Pasangan Suami Istri

Sorry, comment are closed for this post.