Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » Beberapa Poin Yang Harus Ada Dalam Proposal Nikah Akhwat-

Beberapa Poin Yang Harus Ada Dalam Proposal Nikah Akhwat-

(216 Views) April 10, 2017 4:38 am | Published by | Comments Off on Beberapa Poin Yang Harus Ada Dalam Proposal Nikah Akhwat-

Apakah anda ingin segera menikah? Jika iya maka ada banyak hal yang sebenarnya bisa anda lakukan untuk menjemput jodoh yang anda. Sepertinya halnya, rezeki jodoh memang perlu dijemput atau diikhtiarkan jika tidak maka juga tidak akan datang dengan tersendirinya. Bagi seorang ikhwan, langkah yang tepat untuk mencari jodoh memang dengan menawarkan diri atau mendatangi seorang akhwat yang menjadi targetnya, permasalahan di terima atau ditolak itu urusan belakang karena yang penting ialah ikhtiarnya terlebih dahulu. Namun bagaimana dengan seorang akhwat? Bagaimana dia menjemput jodoh impiannya? Apakah harus bertindak ofensif layaknya ikhwan? Tentunya tidak, akhwat pada dasarnya memang menunggu pinangan dari seorang ikhwan namun bagaimana jika setelah ditunggu-tunggu tidak ada yang dating meminang? Mungkin salah satunya ialah dengan menggunakan proposal nikah akhwat dimana seorang akhwat membuat proposal nikah dan akan dibantu oleh murrabi (guru ngaji ) mereka untuk dicarikan jodoh yang pas.

Kaitannya dengan menjemput jodoh bagi seorang akhwat, memang proposal nikah akhwat bukanlah satu-satunya jalan. Karena jika seorang wanita ingin mengajukan keinginan menikah, maka seorang wanita tersebut seharusnya menyerahkannya pada pihak keluarganya dalam konteks ini bapaknya untuk mencarikan jodoh yang tepat untuk putrinya. Hal tersebut sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Umar Bin Khattab r.a dimana waktu itu anak putrinya baru saja kehilangan suami karena syahid di medan perang dan waktu itu Umar langsung mencarikan jodoh untuk putrinya setelah masa iddahnya berakhir.

Namun ternyata, untuk jaman sekarang, banyak orang tua termasuk orang tua akhwat yang menyerahkan pilihan jodoh atau calon suami kepada anaknya sehingga peran orang tua dalam mencarikan jodoh anaknya lambat laun memudar. Oleh karena itu, agar dalam pencarian jodoh tetap dalam koridor syar’ i, maka digunakanlah proposal nikah sebagai alat bantu atau media untuk mencari jodoh yang sesuai yang diharapkan. Apa saja isi inti dari proposal nikah? Berikut ulasannya.

Informasi Pribadi

Hal pertama yang harus ada ketika anda ingin membuat proposal nikah akhwat ialah adanya informasi pribadi. Yang perlu anda ingat ialah bahwa forum ta’aruf merupakan forum yang sangat terpercaya dan sangat rahasia. Oleh karena itu, diharapkan dalam mengisi informasi pribadi ini juga diisi dengan penuh kejujuran dan tidak ada yang disembunyikan. Hal-hal yang harus anda isi dalam form informasi pribadi ini ialah seperti halnya anda menulis biodata dimana segala informasi diri anda harus disampaikan dalam proposal tersebut.

Visi Misi Pernikahan

Selain informasi pribadi, hal lain yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membuat proposal nikah akhwat ialah dengan mengisi visi misi pernikahan. Banyak yang mengibaratkan bahwa keluarga merupakan organisasi kecil yang mana organisasi tersebut harus mempunyai tujuan yang jelas. Bagaimana visi dan misi serta tujuan keluarga yang akan anda harapkan seharusnya anda sampaikan, agar guru ngaji anda bisa mencarikan calon suami yang memiliki kesamaan visi dan misi pernikahan.

Kriteria Calon

Hal lain yang harus ada pada proposal nikah akhwat ialah dengan menuliskan kriteria calon suami yang anda harapkan. Dalam hal ini, anda semestinya tidak terlalu perfeksionis dalam menuliskan kriteria calon suami yang anda harapkan. Karena banyak yang gagal dalam proses ta’aruf karena banyak akhwat yang mematok kriteria terlalu tinggal kepada ikhwan.

Comment Closed: Beberapa Poin Yang Harus Ada Dalam Proposal Nikah Akhwat-

Sorry, comment are closed for this post.