Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Beberapa Contoh Ucapan Pernikahan Islam

Beberapa Contoh Ucapan Pernikahan Islam

(57 Views) May 16, 2017 7:58 am | Published by | Comments Off on Beberapa Contoh Ucapan Pernikahan Islam

Menikah merupakan salah satu puncak kebahagiaan bagi setiap orang. Dengan menikah, berarti mereka sudah siap untuk membuat kehidupan mereka yang baru dengan pasangan halal mereka. Islam sangat memuliakan pernikahan dan mengatur segala hal terkait pernikahan, mulai dari perkenalan hingga ucapan yang pantas diberikan kepada orang yang sedang menikah. Dewasa ini, kita tentu sering melihat orang-orang yang memberikan ucapan pernikahan kepada sanak saudara atau rekan mereka yang menikah. Nah, lalu bagaimana ucapan pernikahan Islam yang dianjurkan untuk dilakukan? Kita akan membahasnya dibawah ini.

Contoh ucapan yang dianjurkan

Sebagai agama yang sempurna, Islam mengatur apapun yang dilakukan di dunia, terutama pernikahan. Pernikahan adalah suatu hal yang suci dan agung. Oleh karena itu, ketika hendak memberikan ucapan dalam sebuah pernikahan dalam Islam, tentu saja anda harus memilih kata-kata yang merupakan doa bagi mempelai. Adapun maksud dari doa ini adalah memberikan selamat dan juga harapan agar mempelai mendapatkan kebahagiaan sesuai yang mereka inginkan. Ada beberapa contoh ucapan yang dapat anda berikan, seperti:

     Barakallahu lakum wa baraka alaikum

Ini adalah salah satu doa yang diajarkan Nabi untuk diberikan kepada rekan anda yang sedang menikah. Maksud dari doa ini adalah mengharapkan Allah SWT memberikan keberkahan dan melimpahkan rahmat yang tiada tara dalam pernikahan yang sedang dilangsungkan. Jadi, sebaiknya ucapan inilah yang pertama kali anda ucapkan saat menghadiri sebuah pesta pernikahan dimanapun berada.

     Doa Rasulullah kepada Ali dan Fatimah

Terkait ucapan pernikahan Islam kedua yang dianjurkan adalah doa Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib dan Fatimah. Apa doa yang diucapkan Rasulullah saat itu? Rasulullah pada intinya berdoa kepada Allah SWT agar Allah SWT memberikan rahmat kepada pernikahan mereka. Selain itu, Rasulullah juga berdoa agar Allah memberikan keturunan kepada Ali dan Fatimah keturunan yang baik, yang membukakan pintu rahmat, sumber ilmu dan memberikan rasa aman dan tentram kepada umat.

     Doa lain yang dianjurkan

Adapun beberapa doa lain yang dianjurkan untuk diberikan sebagai ucapan bagi mempelai yang sedang menikah. Anda dapat mencarinya di mesin pencari untuk lebih detilnya. Pada intinya, ucapan yang diberikan pada pernikahan adalah sebuah doa karena esensi pernikahan adalah ibadah yang menyempurnakan ibadah yang lainnya. Oleh karena itu, sangat kurang pantas jika ucapan yang diberikan dalam pernikahan hanya menjadi ajang seru-seruan semata,

Nah, dengan beberapa penjelasan diatas, kita dapat melihat beberapa contoh ucapan saat pernikahan dalam Islam. Sekali lagi, ucapan pernikahan yang dianjurkan adalah doa. Selain belajar mengenai ucapan pernikahan Islam yang dianjurkan, anda juga dapat meminta doa kepada kedua mempelai agar anda juga disegerakan untuk menikah. Semoga membantu.

ucapan pernikahan Islam merupakan sebuah doa. Coba pelajari beberapa doa yang ada agar pernikahan lebih berkah dan bahagia.

Comment Closed: Beberapa Contoh Ucapan Pernikahan Islam

Sorry, comment are closed for this post.