Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Beberapa Contoh Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Beberapa Contoh Perkembangan Islam Pada Masa Modern

(151 Views) May 17, 2017 8:09 am | Published by | Comments Off on Beberapa Contoh Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Islam merupakan agama yang sempurna dan mengatur keseluruhan keperluan dalam hidup manusia. Seiring berkembangnya jaman dan waktu yang terus mengalir, Islam juga mengalami beberapa perkembangan demi terciptanya persebaran Islam ke seluruh dunia. Di terimanya Islam sebagai suatu ajaran luhur di berbagai negara tentu saja menjadi salah satu bukti kesempurnaan Islam yang senantiasa harus di ketahui. Di era yang modern ini, Islam juga semakin berkembang dengan menyesuaikan diri dengan era yang ada tanpa kehilangan eksistensi aslinya. Nah, berikut ada beberapa contoh dalam perkembangan Islam pada masa modern yang baik untuk kita ketahui.

Bidang akidah

Salah satu perkembangan Islam masa modern yang sangat penting adalah bidang akidah. Akidah memang merupakan dasar agama Islam yang sangat penting dan membedakan umat Islam dengan umat lainnya. Dalam hal ini, perkembangan Islam dimulai sekitar abad 19 yang di pelopori oleh Syekh Abdul Wahab. Beliau merupakan salah satu ulama yang sangat terkenal dan berani menegakkan akidah Islam ditengah masyarakat yang jauh dari syariat. Adapun beberapa pokok permasalahan akidah yang di atasi oleh Syekh Abdul Wahab adalah sebagai berikut:

  1. Penyadaran akan bahaya syirik yang berkembang di tengah masyarakat. Syekh Abdul Wahab menekankan bahwa hanya Allah SWT yang wajib disembah
  2. Pelurusan tentang banyaknya masyarakat yang meminta pertolongan bukan kepada Allah SWT – sebagai satu-satunya dzat yang Maha Menolong
  3. Masalah kekufuran yang timbul karena ketidakpercayaan terkait qodo dan qodar
  4. Menyadarkan akan kesalahan tafsir Al Qur’an yang kebanyakan di sandarkan pada takwil, dan lainnya.

Bidang Ilmu Pengetahuan

Sebagaimana dibahas sebelumnya bahwa Islam adalah agama yang sangat sempurna dan mengatur setiap sendi kehidupan manusia. Salah satu contoh lain perkembangan Islam pada masa modern adalah dalam bidang ilmu pengetahuan. Dalam bidang ini, peranan Islam terbukti sangat besar dan dapat dinikmati perkembangannya oleh semua orang.

Sejarah mencatat bahwa sebagian besar ilmuwan pada zaman dulu adalah kaum muslim. Mereka menemukan beragam penemuan baru yang disandarkan dari ayat-ayat Al Qur’an. Nah, dalam perkembangan Islam masa modern khususnya bidang ilmu pengetahuan, para ilmuwan juga menyandarkan sesuatu pada Al Qur’an. Salah satu ilmuwan Islam yang terkenal di abad 20 ini adalah Sir Muhammad Iqbal yang berasal dari Punjab.

Bidang budaya

Contoh lain dari perkembangan Islam pada masa modern adalah dalam bidang budaya. Islam juga mengatur bagaimana manusia harus berbudaya. Tentu saja, budaya yang muncul adalah sesuai dengan ketentuan agama yang tertuang dalam Al Qur’an. Nah, dalam zaman modern ini, Islam tetap menjadi tolak ukur tentang kehidupan sesama manusia, terlebih dalam hal toleransi terhadap antar umat beragama.

perkembangan Islam pada masa modern sebenarnya mencakup beragam bidang yang membuktikan Islam sebagai agama yang sempurna.

Comment Closed: Beberapa Contoh Perkembangan Islam Pada Masa Modern

Sorry, comment are closed for this post.