Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Bagaimana Hukumnya Makan Dan Minum Di Kamar Mandi?

Bagaimana Hukumnya Makan Dan Minum Di Kamar Mandi?

(603 Views) February 15, 2016 9:38 am | Published by | Comments Off on Bagaimana Hukumnya Makan Dan Minum Di Kamar Mandi?

makan-di-kamar-mandi-696x435Buat sebagian orang kamar mandi atau toilet merupakan tempat yang nyaman untuk mencari inspirasi. Mereka rela berlama-lama ‘nongkrong’ di tempat yang sebenarnya berfungsi untuk membuang kotoran itu. Bahkan ada yang sampai membawa segelas kopi dan cemilan ke dalam kamar mandi demi mendapat inspirasi. Lantas bagaimana hukumnya dalam Islam makan dan minum di kamar mandi?

Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ

Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan. (HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Toilet merupakan tempat favorit setan karena tempat ini berisi kotoran, manusia yang buka aurat dan juga tidak ada dzikrullah. Oleh karena itu para ulama melarang makan atau minum di kamar mandi.

Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang hukum makan atau minum di kamar mandi.

Jawaban beliau,

الحمام موضع لقضاء الحاجة فقط، ولا ينبغي أن يبقى فيه إلا بقدر الحاجة، والتشاغل بالأكل وغيره فيه يستلزم طول المكث فيه فلا ينبغي ذلك

Kamar mandi adalah tempat untuk buang hajat saja. Sehingga tidak selayaknya berdiam lama di kamar mandi, kecuali sebatas menyelesaikan hajatnya. Sementara makan dan minum di kamar mandi, menyebabkan seseorang teralalu lama diam di kamar mandi, yang tidak selayaknya dilakukan.

Sumber: Konsultasi Syariah

 

Incoming search terms:

Comment Closed: Bagaimana Hukumnya Makan Dan Minum Di Kamar Mandi?

Sorry, comment are closed for this post.