Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kisah » Astagfirullah, Mungkin Ini Yang Membuat Doa Kita Belum Dikabulkan

Astagfirullah, Mungkin Ini Yang Membuat Doa Kita Belum Dikabulkan

(1465 Views) November 8, 2015 1:31 pm | Published by | Comments Off on Astagfirullah, Mungkin Ini Yang Membuat Doa Kita Belum Dikabulkan

kolom-mereka-berzikir-dan-berdoa-ii-776_l

Adakalanya kita bertanya mengapa siang dan malam berdoa tapi Allah belum juga kabulkan. Tak jarang perasaan bingung, marah, kesal, sedih dan putus asa mulai menghampiri. Namun sebelum perasaan itu datang, mari kita introspeksi diri terlebih dahulu. Sedikitnya ada 3 hal yang bisa membuat doa kita belum dikabulkan.

1. Kalbu yang lalai, yang maksiat, dan ragu kepada Allah Swt.

Rasul saw bersabda, “Berdoalah kepada Allah dalam kondisi engkau yakin doa tersebut diijabah. Ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa yang berasal dari kalbu yang lalai dan alpa.” (HR at-Tirmidzi).

2. Memakan atau mengonsumsi sesuatu yang haram.

Nabi saw bersabda, “Ada seseorang yang melakukan perjalanan, rambutnya kusut, pakaiannya lusuh, ia mengangkat tangannya ke langit, ‘Wahai Tuhan..’ sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan nutrisinya dari yang haram. Bagaimana mungkin doanya diterima?!” (HR Muslim).

3. Putus asa dalam berdoa karena tergesa-gesa.

Rasul saw bersabda, “Doa kalian diijabah selama tidak tergesa-gesa. yaitu dengan berkata, ‘Aku sudah berdoa tapi belum dikabulkan juga.’” (HR muttafaq alayh).

Allah menyukai hambanya yang berdoa dan mengiba meminta. Sebagai manusia pun memang sudah kewajiban berdoa, namun untuk hasilnya hanya Allahlah yang memiliki hak prerogratif sepenuhnya. Jika doa kita belum dikabulkan, janganlah berputus asa dan berprasangka buruk kepada Allah. Lebih baik koreksi diri dan perbaiki apa yang masih kurang, karena sesungguhnya hanya Allahlah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita.

Sumber: syariahonline

Comment Closed: Astagfirullah, Mungkin Ini Yang Membuat Doa Kita Belum Dikabulkan

Sorry, comment are closed for this post.