Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Akhwat Salafy Cari Jodoh: Kriteria Pendamping Islami

Akhwat Salafy Cari Jodoh: Kriteria Pendamping Islami

(303 Views) March 12, 2017 3:04 am | Published by | Comments Off on Akhwat Salafy Cari Jodoh: Kriteria Pendamping Islami

Jodoh merupakan rahasia dari Allah yang sudah ditentukan dan kita tidak berhak untuk menebaknya. Mungkin beberapa akhwat sering resah dan galau dengan jodoh yang tidak kunjung datang. Tetapi, Allah sudah menetapkan bahwa jodoh akan datang pada waktu yang tepat. Sembari menunggu jodoh, seorang akhwat tentu dapat mengisinya dengan melakukan perbaikan diri untuk jodoh yang lebih baik karena jodoh adalah cerminan. Selain itu, bagi akhwat salafy cari jodoh, penting bagi mereka untuk mengetahui kriteria pendamping yang Islami. Berikut ada beberapa kriteria yang senantiasa harus di perhatikan.

Agama yang baik

Bagi seorang akhwat salafy memilih jodoh tentu saja harus berlandaskan agama karena agama merupakan perkara yang sangat penting dalam kehidupan dan agamalah yang akan membimbing mereka dalam pernikahan yang berkah. Oleh karena itu, kriteria pertama pendamping Islami bagi akhwat salafy cari jodoh adalah dia yang memiliki agama yang baik. Pengetahuan agama yang baik memang penting untuk membawa kepribadian kepada sesuatu yang baik. Akan tetapi, akhlak menjadi lebih penting karena merujuk pada kebiasaan yang dilakukan. Dengan akhlak yang baik, maka dia tentu akan berusaha belajar ilmu-ilmu agama.

Enak di pandang

Urusan fisik sejatinya bukan merupakan salah satu syarat utama dalam menentukan kriteria jodoh. Akan tetapi, bagi seorang akhwat salafy cari jodoh, kiranya cukup penting untuk memilih jodoh dengan fisik yang enak di pandang. Setelah pernikahan, mereka akan tinggal bersama dalam sebuah rumah. Tentu saja, adanya rasa enak dan sayang ketika saling memandang merupakan bumbu pernikahan yang akan membuat pernikahan menjadi lebih langgeng dan berbagai masalah rumah tangga dapat ditanggulangi dengan sangat bijak dan baik. Akan tetapi, sekali lagi, fisik bukan ukuran utama karena kita akan menghamba pada dunia jika terlalu memperhatikan fisik.

Nasab atau keturunan yang baik

Nasab adalah salah satu hal yang cukup riskan untuk memilih kriteria pendamping yang Islami. Memang, ada beberapa orang yang memiliki nasab yang tidak terlalu baik tetapi memiliki akhlak yang baik dan sebaliknya. Akan tetapi, bagi seorang akhwat salafy, memperhatikan nasab adalah salah satu hal yang cukup penting. Masalah nasab, bagi seorang akhwat salafy cari jodoh, merupakan hal cukup penting untuk memelihara nama baik saat berkeluarga. Biar bagaimanapun, saat memutuskan untuk menikah, berarti kita akan terhubung dengan keluarga besar yang bahkan kita tidak tahu sebelumnya.

Setara hartanya

Hal terakhir yang menjadi kriteria yang wajib untuk dipertimbangkan dalam memilih pendamping yang Islami adalah kesetaraan pada harta. Ini adalah salah satu hal yang cukup penting untuk seorang akhwat salafy cari jodoh. Masalah harta bagi seorang akhwat salafy tentu merupakan sesuatu yang riskan. Dalam hal ini, memilih jodoh dengan harta yang setara adalah hal penting demi menghindari ketimpangan social. Misalnya, ketika calon istri lebih kaya dari calon suami, ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa istri akan lebih berkuasa atas suaminya.

Dari beberapa keterangan diatas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa pertimbangan kriteria pendamping Islami yang harus di pahami oleh akhwat salafy cari jodoh. Dengan beberapa poin diatas, tentu mereka dapat mempersiapkan diri mereka. Tentu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melangsungkan pernikahan untuk pernikahan yang lebih berkah dan lancar. Semoga membantu.

Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: Akhwat Salafy Cari Jodoh: Kriteria Pendamping Islami

Sorry, comment are closed for this post.