Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Akhwat Salafi Siap Nikah: Beberapa Persiapan Pernikahan

Akhwat Salafi Siap Nikah: Beberapa Persiapan Pernikahan

(231 Views) March 11, 2017 3:04 am | Published by | Comments Off on Akhwat Salafi Siap Nikah: Beberapa Persiapan Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu sunnah Nabi yang tentu sebaiknya dikerjakan dengan segera setelah dirasa siap untuk mengarungi kehidupan yang baru. Pernikahan yang disarankah adalah pernikahan yang Islami, sederhana dan jauh dari kemewahan yang terlampau tinggi. Akan tetapi, bagi akhwat salafi siap nikah, tentu saja mereka tetap membutuhkan beberapa persiapan sebelum pernikahan untuk membawa pernikahan pada hal yang sangat sakral dan khidmat. Berikut beberapa persiapan pernikahan akhwat salafi yang sebaiknya di perhatikan.

Persiapan spiritual

Persiapan pertama bagi akhwat salafi siap nikah yang sangat penting untuk dilakukan adalah persiapan spiritual. Ini adalah salah satu cara dan persiapan yang penting karena pernikahan membutuhkan mental yang sangat tinggi dan kemantapan hati yang maksimal. Semua akhwat tentu ingin memiliki suami yang sholeh dan baik dalam membina rumah tangga. Oleh karena itu, bagi seorang akhwat salafi, memperbaiki diri sebelum pernikahan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Perbaikan diri adalah persiapan spiritual pertama yang harus segera dilakukan.

Persiapan konsepsional

Hal lain yang juga penting diperhatikan oleh akhwat salafi siap nikah yang segera ingin melangsungkan pernikahan adalah melakukan beberapa persiapan konsepsional. Sebagaimana kita tahu, pernikahan adalah penyatuan dua pribadi yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum menikah, seorang akhwat salafi tentu harus banyak belajar tentang beberapa konsep pernikahan dan keluarga secara Islam. Membaca buku-buku terkait merupakan salah satu hal yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk di lakukan. Selain itu, ikutilah beberapa kajian sunnah yang membahas tentang konsep pernikahan untuk bekal ilmu yang lebih dalam.

Persiapan kepribadian

Persiapan kepribadian menjadi salah satu persiapan penting bagi akhwat salafi siap nikah untuk menyambut pernikahannya sebentar lagi. Dengan menikah, maka seorang akhwat akan memutuskan untuk tinggal bersama suami barunya. Hidup dengan lingkungan yang baru tentu saja akan membutuhkan adaptasi yang baru. Oleh karena itu, persiapan kepribadian sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi beberapa masalah yang mungkin muncul karena perbedaan pendapat atau perbedaan ego yang sering terjadi. Oleh karena itu, mempelajari beberapa hal terkait kepribadian dengan status yang baru sangat disarankan sebelum pernikahan.

Persiapan fisik

Persiapan yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah persiapan fisik. Ya, selain mental, pernikahan juga membutuhkan kesiapan fisik bagi seorang akhwat salafi siap nikah. Dalam hal ini, ada beberapa permasalahan penting yang harus di persiapkan. Kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang terpenting untuk selalu dijaga agar tubuh tidak mudah sakit karena mental yang naik turun. Selain itu, bagi seorang akhwat salafi siap nikah mengetahui beberapa hal terkait reproduksi menjadi salah satu hal yang penting karena bab ini menjadi hal yang sangat intim bagi pasangan setelah pernikahan.

Persiapan material

Persiapan material merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Materi memang buka segalanya tetapi beberapa hal membutuhkan materi. Oleh karena itu, bagi akhwat salafi siap nikah, mempersiapkan materi adalah hal yang penting setidaknya untuk hidup di awal pernikahan yang lebih baik karena memutuskan menikah berarti sudah siap hidup terlepas dari orang tua. Oleh karena itu, mulailah menabung dan membuka beberapa usaha yang mungkin bisa dilakukan untuk pernikahan yang lebih baik dan berkah. Semoga beberapa poin tersebut dapat menginspirasi.

Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: Akhwat Salafi Siap Nikah: Beberapa Persiapan Pernikahan

Sorry, comment are closed for this post.