Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Akhir Zaman Menurut Islam

Akhir Zaman Menurut Islam

(85 Views) June 14, 2017 2:49 am | Published by | Comments Off on Akhir Zaman Menurut Islam

Kehidupan di alam dunia tidaklah kekal. Dalam agama islam, mempercayai hari akhir adalah merupakan salah satu rukun iman yaitu rukun iman yang kelima. Oleh sebab itu, seorang muslim wajib percaya bahwa hari akhir pada saatnya nanti akan tiba, dimana seluruh dunia hancur saat malaikat isrofil meniup sangkakala. Adapun bagi seorang muslim, tanda-tanda akhir zaman menurut islam dapat diketahui dengan berdasarkan Al Quran dan hadist.

Tanda-tanda akhir zaman menurut islam

Dunia yang fana pada akhirnya akan hancur dan berakhir saat akhir zaman datang. Akhir zaman atau hari kiamat akan datang pada masanya dan tanda-tandanya dapat pula diketahui berdasarkan Al Quran maupun hadist. Salah satu tanda akan datangnya akhir zaman adalah dengan diutusnya Rosulullah SAW sebagai nabi sekaligus rosul penutup.

Rosulullah SAW bersabda “(masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) kiamat seperti dua (jari) ini”. “(Anas ra) berkata, “Dan beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR.Muslim)

Selain diutusnya Rosulullah SAW sebagai nabi dan rosul penutup, wafatnya beliau Rosulullah SAW juga merupakan salah satu tanda akan datangnya hari akhir. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari kiamat dan beliauShallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya: “kematianku”. (HR. Al-Bukhari)

Dengan begitu, akhir zaman menurut islam telah dapat diketahui tandanya yang pasti yaitu diutusnya Rosulullah SAW dan wafatnya beliau rosul penutup.

Tanda-tanda lain akhir zaman

Salah satu tanda akan datangnya akhir zaman adalah disaat banyak orang-orang yang telah melenceng dari ajaran agama islam dan mengakui bahwa dirinya adalah utusan Allah. Nabi Muhammad SAW adalah rosul penutup dan terakhir sehingga tidak mungkin jika ada nabi lagi setelahnya. Bahkan, pada zaman setelah wafatnya beliau, ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi diantaranya adalah Musailamah al Kazzzab dan Thulaihah bin Khuwailid al-asadi. Hal tersebut sesuai dengan sabda beliau Rosulullah SAW:

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah (Rosulullah)”. (HR. Bukhari)

Bahkan pada saat ini telah banyak orang yang mengaku menjadi nabi dan itu adalah salah satu tanda akhir zaman.

Akhir zaman menurut islam juga ditandai dengan semakin banyaknya praktek riba yang dilakukan oleh umat manusia di bumi. Riba adalah suatu praktek mengambil keuntungan dari harta yang telah dipinjamkan. Hal ini telah banyak menjadi bisnis dikalangan masyarakat modern saat ini. Praktek riba disebutkan sebagai salah satu tanda akhir zaman sebagaimana disebutkan dalam suatu hadist

“Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh” (HR. Bukhari).

akhir zaman menurut islam ditandai dengan beberapa hal yang sesuai dengan Al Quran dan hadist nabi SAW. Akhir zaman adalah rukun iman yang wajib dipercayai oleh umat muslim.

Tags:
Categorised in:

Comment Closed: Akhir Zaman Menurut Islam

Sorry, comment are closed for this post.