Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » ‘Aisyah ra, Si Jelita yang Cerdas

‘Aisyah ra, Si Jelita yang Cerdas

(9850 Views) March 21, 2014 2:14 am | Published by | No comment

Rumah tangga Rasulullah Saw dengan Siti ‘Aisyah ra. terbilang unik. Jarak usia Rasulullah Saw dengan Siti ‘Aisyah ra. terpaut jauh sekali, kurang lebih 45 tahun. Siti ‘Aisyah ra. adalah putri sahabat utama Rasulullah Saw, yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq ra. Dan Siti ‘Aisyah ra. adalah satu-satunya perawan yang dinikahi Rasulullah Saw, karena seperti kita ketahui, istri-istri beliau yang lain, termasuk Siti Khadijah ra., semuanya berstatus janda ketika dinikahi beliau.

'Aisyah ra, Si Jelita yang Cerdas

Allah Swt sengaja memilih Siti ‘Aisyah ra. untuk menjadi istri Rasul-Nya, karena dikemudian hari, kita mengetahui hal-hal yang sangat pribadi dalam hubungan sumai-istri lewat hadist-hadist yang diriwayatkan oleh Siti ‘Aisyah ra. Dan lewat rumah tangga belau Saw dengan Siti ‘Aisyah ra, juga kita mengetahui bagaimana Rasulullah Saw menyelesaikan salah paham, seperti yang lazim terjadi dalam sebuah rumah tangga. Lewat rumah tangga Rasulullah Saw dengan Siti ‘Aisyah ra. juga kita tahu bahwa Rasulullah Saw bukanlah suazi yang otoriter, serius dan mau menang sendiri. Beliau Saw mengerti betul sifat, tabita dan watak perempuan.

Siti ‘Aisyah ra. adalah wanita yang jujur, cerdas, pandai, tegas, dermawan dan berani. Ini memang karakter dasar dari keturunan Bani Taim, asal klan keluarga Siti ‘Aisyah ra. Dan Rasulullah Saw banyak memiji istrinya yang satu ini. Bahkan panggilan sayang Beliau kepada Siti ‘Aisyah adalah “Ya Khumaira”, yang arti bebasnya “Wahai dara yang pipinya kemerahan”. Kemesraan hubungan Rasulullah Saw dengan Siti ’Aisyah ra, tampak dari seringnya beliau Saw bercanda dan bersenda gurau.

Tugas berat yang diemban Rasulullah Saw tidak membuat beliau suntuk dan kehilangan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang oleh sebagian kita dianggap “sepele”. Rasulullah Saw masih sempat mengajak Siti ‘Siti Aisyah ra, adu balap lari dan, konon, menyaksikan pertunjukan. Untuk apa ini dilakukan kalau bukan untuk merajut kemesraan karena beliau mengerti betul kebutuhan seorang istri. Dan semua itu beliau lakukan dengan senang hati dilandasi niat ibadah kepada Allah Swt, tidak terpaksa dan tidak malas-malasan karena sekedar ingin menyenangkan istri saja.

Menggambarkan prikehidupan Rasulullah Saw dalam berumah tangga tentu saja tidak cukup dengan satu dua lembar halaman buku, banyak sekali mutiara hikmah dan keteladanan yang bisa kita ambil dan jadikan contoh dari perjalanan beliau mengarungi bahtera rumah tangga.

Subhanallah… Lihatlah tangan manusia suci itu! Dia tidak segan-segan membantu istrinya bekerja di dapur. Lihat dan dengarkan, bagaimana dia menyapa istri-istrinya dengan wajah cerah dan penuh senyum, dengan untaian kata yang indah dan menyejukkan. Dengarkanlah, bagaimana dia menegur istrinya yang melakukan kekeliruan dengan kata-kata yang tidak melukai hati.

Incoming search terms:

No comment for ‘Aisyah ra, Si Jelita yang Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published.