Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Adab Makan Seorang Muslim Yang Perlu Anda Ketahui

Adab Makan Seorang Muslim Yang Perlu Anda Ketahui

(710 Views) April 24, 2016 5:21 pm | Published by | Comments Off on Adab Makan Seorang Muslim Yang Perlu Anda Ketahui
muslim eating

Sumber: emaze.com

Al Quran dan Hadits merupakan petunjuk bagi hidup seorang muslim. Tak hanya perkara ibadah namun juga aktivitas sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali di malam hari. Salah satu aktivitas sehari-hari yang pasti kita lakukan adalah makan. Dalam Islam, makan pun ada adab atau tata cara yang dicontohkan Rasulullah. Adab ini tertulis di dalam beberapa hadist berikut ini.

1. Makan dengan tangan kanan

Disunnahkan untuk makan dengan tangan dibandingkan dengan sendok. Seperti hadits Nabi:

« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».

“Apabila diantara kalian hendak makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika dia menium maka minumlah dengan tangan kanan. Karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri.” (HR. Muslim)

2. Berdoa sebelum makan

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ: بسم الله, فَإِنْ نَسِيَ فِيْ أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ: بِسْمِ اللهِ فِيْ أَوَّ لِهِ وَآخِرِهِ

“Apabila diantara kalian memakan makanan maka hendaklah untuk mengucapkan basmalah, dan apabila ia lupa maka ucapkanlah “Bismillahi fii awwalihi wa akhirihi.” (HR. Tirmidzi)

3. Makan dari bagian paling pinggir

ﺇِﺫَﺍ ﻭُﺿِﻊَ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡُ ﻓَﺨُﺬُﻭْﺍ ﻣِﻦْ ﺣَﺎﻓَﺘِﻪِ ﻭَﺫَﺭُﻭْﺍ ﻭَﺳْﻄَﻪُ ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟْﺒَﺮَﻛَﺔَ ﺗَﻨْﺰِﻝُ ﻓِﻲْ ﻭَﺳْﻄِﻪِ

“Jika suatu makanan diletakkan maka mulailah dari bagian pinggir piring dan jangan memulainya dari bagian tengah. Karena barakah itu ada di bagian tengah makanan.” (HR. Ibnu Majah)

“Wahai anak, sebutlah nama Allah saat makan dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada di dekatmu dulu.”

4. Makan dengan nikmat dan jangan mencerca makanan

مَا عَابَ النَّبِيُّ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا قَطُّ, إِنِ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

“Rasulullah tidak pernah mencerca makanan sama sekali. Jika Rasul menginginkan sesuatu maka beliau memakannya dan jika tidak menyukainya maka beliau meninggalkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Jangan makan sambil bersandar

لاَ آكُلُ وَأَنَا مُتَّكِئٌ

“Aku tidak makan dalam posisi bersandar.” (HR. Bukhari, Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

6. Berdo’a setelah makan

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

“Sesungguhnya Allah akan benar ridha terhadap seorang hamba yang memakan makanan dan memuji-Nya, dan kemudian minum dan memuji-Nya.” (HR. Muslim)

“Barang siapa yang memakan makanan dan dia mengatakan: “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini dan memberiku rezeki ini dengan tanpa ada daya dan kekuatan dariku.”

7. Dahulukan makan dari pada shalat jika sudah siap saji

لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ الطَّعَامِ وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ الأَخْبَثَانِ

“Tidak ada shalat ketika makanan telah dihidangkan, begitu pula tidak ada shalat bagi yang menahan (kencing atau buang air besar).” (HR. Muslim no. 560).

إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ

“Jika makan malam telah tersajikan, maka dahulukan makan malam terlebih dahulu sebelum shalat Maghrib. Dan tak perlu tergesa-gesa dengan menyantap makan malam kalian.” (HR. Bukhari no. 673 dan Muslim no. 557).

Semoga kita bisa mengamalkan adab makan seorang muslim seperti yang telah dicontohkan, sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah. Aamiin.

Sumber: Ummi Online

Comment Closed: Adab Makan Seorang Muslim Yang Perlu Anda Ketahui

Sorry, comment are closed for this post.