Menu Click to open Menus
Home » Kisah » 7 Ciri Muslimah Penghuni Syurga

7 Ciri Muslimah Penghuni Syurga

(643 Views) November 6, 2016 1:47 pm | Published by | Comments Off on 7 Ciri Muslimah Penghuni Syurga

7-ciri-muslimah-penghuni-syurgaPerempuan sebagai salah satu jenis kelamin dari dua jenis yang diciptakan oleh Allah SWT memang diciptakan dengan keunikan. Ia mampu menanggung sakit dan beban yang teramat berat tanpa mengeluh. Namun ia juga memiliki sisi kelembutan yang dapat meredam kekakuan lelaki. Karenanya, tidak salah jika ada ungkapan yang menyatakan bahwa di belakang lelaki yang sukses pasti ada seorang wanita hebat yang selalu setia menemani.

Kemampuan wanita yang dilahirkan dari tulang rusuk lelaki memang sangat mempengaruhi sifat kemanusiaan perempuan. Untuk dapat mendidik seorang perempuan agar bisa memerankan peran penting bagi negara dan bangsa, orang yang mendidik tidak boleh menggunakan cara yang terlalu keras. Ditakutkan kekerasan justru akan merusak perangai perempuan sendiri yang memang diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.

Saking dahsyatnya pengaruh cinta seorang perempuan terhadap perilaku dan keputusan yang diambil oleh lelaki, perempuan dapat diibaratkan sebagai tiang suatu negara. Jadi apabila kita ingin melihat perkembangan kemajuan suatu negara, kita hanya cukup melihat kondisi perempuannya saja. Apalagi seiring dengan perkembangan globalisasi yang semakin maju, seorang perempuan diberi kebebasan berkarya dan mengekspresikan diri.

Diantara sekian banyak tipe perempuan yang ada di dunia, seorang muslimah akan menjadi yang terbaik. Lalu bagaimana dengan ciri-ciri yang ada pada diri seorang muslimah sehingga dapat dikatakan sebagai wanita terbaik dan nyaris sempurna ?.

Islam datang mengutus Rasulullah SAW untuk memperbaiki akhlaq manusia agar lebih beradab. Termasuk di antaranya adab dalam berpakaian dan memberikan batasan-batasan tertentu dalam bersikap untuk seorang perempuan muslim. Batasan ini diciptakan sebagai pelindung bagi seorang muslimah, bukan lagi pembatas sebagaimana zaman jahiliyah.

Perempuan muslim yang sejati dapat disebut sebagai muslimah atau mukminah. Keberadaannya selalu mendamaikan dan bahkan memberi keuntungan kepada orang-orang di sekitarnya. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut :

“Dunia ini penuh Perhiasan dan Perhiasan yang paling indah ialah wanita yang sholehah.”  (H.R Muslim)

Wanita muslimah adalah wanita yang sholehah. Namun ternyata, dalam Islam tidak hanya mendefinisikan muslimah sebagai seorang wanita yang memakai hijab sebagai penutup kepalanya. Lebih dari itu, meliputi ciri perilaku yang melekat sebagai kepribadian seorang perempuan idaman.

Ciri-ciri Muslimah

Pastinya sahabat penasaran dengan ciri muslimah menurut Islam. Sahabat dapat menjadikan ciri-ciri di bawah ini sebagai ukuran target sahabat agar segera sesuai tuntunan atau menjadikannya sebagai motivasi. Bahwa ternyata wanita muslimah tidak hanya menjadi cahaya bagi suami dan anaknya, tetapi juga penerang bagi lingkungannya.

  1. Beriman

“Rasulullah SAW (Nabi Muhammad) telah beriman kepada al-Qur’an yang diturunkan kepadanya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya,Kitab-kitab-Nya dan para Rasul-Nya, (mereka mengatakan), kami tidakmembeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari Rasul-rasul-Nya” (QS. al-Baqarah: 285).

Ayat di atas mengingatkan kita akan pembahasan mengenai wanita muslimah yang sejatinya merupakan wanita yang mengimani Allah. Berarti dia adalah wanita beragama Islam, mengetahui atau terus berusaha mendalami Islam dan menjalankan syari’at Islam sesuai dengan pengetahuannya.

Meskipun sahabat menemukan seorang wanita yang baik hati dengan ciri suka menolong orang lain dan memperioritaskan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadinya, ia belum tentu seorang muslimah. Wanita muslimah hanyalah wanita muslim yang memiliki iman (percaya) kepada Allah SWT dan mengimani pula 5 rukun iman dalam Islam yang lainnya.

Pembuktian keimanan muslimah dapat dilihat dari ucapan dan tindakannya. Salah satunya adalah keistiqomahannya menegakkan kewajiban sholat 5 waktu. Kewajiban ini akan menjadi beban bagi wanita Islam biasa yang kadar keimanannya belum setebal muslimah sejati. Sahabat dapat memantau komitmen perempuan muslim dalam menegakkan sholat 5 waktu ini sebagai indikator ciri pertama keshalehahan seorang perempuan.

  1. Menutup Aurat

“Ya Nabi , katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. Karena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab: 59).

Berdasarkan Al Qur’an yang merupakan Firman Allah SWT, kita dapat mengetahui ciri kemuslimahan seorang wanita dari keistiqomahannya menutup aurat. Tentunya di zaman serba modern ini, fashion yang semakin beragam menjadi penggoda seorang wanita untuk bergaya. Terlebih wanita memang diciptakan untuk mencintai keindahan sekaligus sebagai sumber kesenian yang indah.

Oleh karena itu, meskipun seorang wanita beragama Islam dan menegakkan sholat 5 waktu namun tidak menutup aurat, maka kemungkinan ia belum mendalami keislamannya sungguh-sungguh.

Seorang wanita muslim yang sudah mengetahui bahwa menutup aurat merupakan suatu kewajiban, tidak akan ragu melaksanakan perintah Tuhannya. Berbeda dengan perempuan lain yang memandang jilbab dan gamis sebagai bagian dari mode fashion. Wanita muslimah akan senantiasa memakai pakaian syar’inya dimanapun ia berada.

Semakin tebal keimanannya, semakin sesuai syari’at pula pakaiannya. Hingga lama kelamaan ia merasa pakaian syar’inya bukan dikenakan sebagai bentuk pelaksanaan perintah Tuhan saja, namun juga memenuhi kebutuhan diri. Ia sudah merasakan manfaat dari menutup aurat secara syar’i.

  1. Berakhlaq

Akhlaq ini bersifat luas. Namun untuk memudahkan pengertian, seorang muslimah sejati pasti perilakunya baik. Setiap kata yang  keluar dari mulutnya telah dipikir terlebih dahulu agar tidak menyakiti siapapun dan memastikan akan memberi manfaat bagi orang lain.

Akhlaq ini juga bisa dilihat dari caranya menanggapi rayuan lelaki. Ini sebuah hal manusiawi, jika perempuan muslimah jatuh cinta. Namun muslimah sejati yang telah memenuhi kriteria sebelumnya akan berpikir dua kali untuk menanggapi rayuan lelaki yang bukan mahramnya.

Tidak bisa dikatakan muslimah sejati apabila ia masih berpacaran dan merasa biasa saja menjalaninya. Tidak ada rasa malu atau rasa bersalah ketika berpacaran menjadi tanda-tanda yang harus ditanyakan pada diri sendiri, benarkah kita sudah menjadi wanita muslimah sejati atau belum.

Akhlaq wanita muslimah juga dapat dilihat dari caranya memperlakukan anak, suami dan orangtua. Seorang muslimah sejati sudah mengetahui mana saat yang tepat untuk berkumpul bersama teman, dan bisa membagi waktunya untuk menyelesaikan tugas rumah tangga. Sehingga keberadaannya sangat membantu semua pihak.

Ia akan menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya karena membesarkan dengan penuh kelembutan, sabar serta tegar. Tidak ada muslimah yang sepenuhnya menjadi wanita karir hingga membiarkan anaknya menjadi anak ‘broken home’. Ia sudah mengatur segala sesuatunya agar berjalan seimbang.

  1. Cerdas

Wanita muslimah harus cerdas. Ia selalu berusaha berinovasi dalam setiap karyanya. Muslimah selalu haus akan ilmu walaupun ia tahu Ar Rijaalu Qowwamuna ‘alannisa’ –Laki-laki adalah pemimpin bagi perempuan. Kecerdasan dan keluasan ilmunya akan menjadi bekal bagi pendidikan pertama anak-anaknya kelak.

Seorang muslimah selalu visioner. Kecerdasan yang visioner ini ditunjukkan dengan caranya memandang hidup dari sisi positif yang unik. Ia tidak akan mengeluh meskipun orangtua atau suaminya mengajak membangun keluarga bahagia mulai dari bawah, sejak tidak memiliki apapun.

Itulah keempat ciri wanita muslimah yang menjadi perhiasan bagi para lelaki. Keberadaannya akan senantiasa dirindukan oleh orang-orang dan bahkan syurga yang berisi para bidadari sudah siap ditempati.

Comment Closed: 7 Ciri Muslimah Penghuni Syurga

Sorry, comment are closed for this post.