Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fashion » 6 Manfaat Berjilbab bagi Muslimah

6 Manfaat Berjilbab bagi Muslimah

(307 Views) February 16, 2017 5:35 am | Published by | Comments Off on 6 Manfaat Berjilbab bagi Muslimah

Pemakaian jilbab di era modern telah mengalami banyak perkembangan. Jilbab menjadi salah satu bagian dari trend fashion Indonesia, bahkan dunia. Banyak desainer pakaian yang mulai mengembangkan gaya berpakaian muslimah. Namun seiring dengan semakin beragamnya model jilbab, muncul pula jenis-jenis yang tidak sesuai syari’at hingga mengurangi manfaat yang seharusnya diterima oleh wanita berjilbab.

Muslimah yang dimuliakan oleh Islam selalu mendapatkan perlindungan maksimal lewat beberapa aturan yang diberikan untuk perempuan muslim. Dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 59, dengan tegas Allah menyuruh setiap muslim melindungi auratnya.

“Ya Nabi , katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. Karena itu mereka tidak diganggu dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al Ahzab: 59).

Setiap perintah Allah SWT untuk hambanya pasti memiliki manfaat. Namun keterbatasan akal manusialah yang menyembunyikan rahasia dahsyat di balik perintah-Nya. Begitu pula dengan jilbab yang menjadi tudung atau penutup aurat muslimah agar sempurna dan tidak membuka celah terumbarnya aurat.

Manfaat Jilbab

Manfaat berjilbab bagi muslimah meliputi segi kesehatan hingga masa depan wanita itu sendiri. Secara lebih lengkap lagi, berikut adalah manfaat memakai jilbab bagi muslimah.

  1. Pahala

Semua orang juga mengetahui jika seorang mukmin – mukminah menjalankan perintah-Nya akan mendapatkan pahala dan balasan surga, dan sebaliknya. Termasuk pula pahala apabila seorang wanita memakai jilbab sebagai bentuk taat kepada Tuhannya dan usaha membuktikan keimanannya.

  1. Tidak Digoda

Ini merupakan fakta yang sangat menguntungkan perempuan. Bagaimana awal mula pelecehan seksual menimpa para perempuan di kota ?.Semua kuncinya ada pada perempuan itu sendiri.Attitude (sikap) dari seorang wanita yang menjadi titik pusat pembuka jalan kriminal. Ibarat seekor anjing yang ingin memasuki rumah, tidak akan mampu jika pintu ditutup rapat oleh pemilik rumah.

Rata-rata korban pelecehan seksual di mana pun tempatnya adalah perempuan yang sedang mengenakan pakaian terbuka bahkan cenderung minim. Lelaki normal mana coba yang tidak tergiur dengan paha yang mulus atau dada yang menonjol ?.Inilah hikmah di balik perintah Allah.

Meskipun seorang perempuan memakai baju ketat sebagai bagian dari trend fashion dan tidak bermaksud menarik perhatian lelaki, namun sebagai manusia biasa kita juga tidak memiliki kuasa apapun demi menjaga kehormatan. Coba diingat berapa banyak kasus pelecehan seksual yang terjadi pada perempuan berjilbab syar’i ?.Sangat sulit menemui kasus tersebut di sekitar kita.

Jika sahabat muslimah belum sepenuhnya percaya dengan manfaat yang kedua ini, silahkan dibuktikan sendiri.Sahabat boleh membeli jajanan di warung kopi yang penuh dengan pria dengan mengenakan jilbab syar’i. Di lain waktu, coba berjalanlah di depan mereka, tidak perlu masuk ke warung kopi. Pastinya seorang wanita yang tidak mengenakan jilbab dengan baju ketat dan terbuka akan mendapatkan gombalan maupun godaan dalam bentuk lain dari para lelaki yang iseng.

Tidak semua perempuan menyukai godaan lelaki.Beberapa di antaranya justru risih diperlakukan sebagai mainan. Karenanya, wanita baik-baik yang ingin terlindungi dari godaan kaum adam, silahkan segera mengenakan jilbab sesuai syari’at. Karena mengenakan jilbab secara serampangan tidak akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap keseganan lelaki.

  1. Disegani Lelaki

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, ternyata jilbab sudah terbukti dapat meningkatkan keseganan lelaki.Coba saja belajar istiqomah dengan jilbab yang menutup dada dan pakaian sesuai syar’i, pasti ada perubahan sikap dari teman-teman lelaki sahabat muslimah.

Seperti Firman Allah dalam Q.S. Al Ahzab ayat 59 yang disebutkan di atas, jilbab dipakai perempuan agar tidak diganggu oleh lelaki.Otomatis jilbab meningkatkan citra wanita di mata para lelaki.Senakal-nakal dan brengseknya seorang lelaki, ia pasti akan memilih rumah yang nyaman. Yaitu seorang wanita shaleha yang dapat menjaga kehormatan diri dan keluarganya.Kemampuannya ini dibuktikan dengan keistiqomahannya menjalankan perintah Allah, termasuk mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Kulit

Subhanallah, sungguh luar biasa perintah Allah kepada hambanya.Selain menjadi pelindung bagi wanita, ternyata jilbab memiliki manfaat di bidang kesehatan.Ada beberapa jenis penyakit kulit yang rentan diidap oleh perempuan dapat diminimalisir dengan memakai jilbab.

  • Penyakit kulit berbahaya yang pertama merupakan kanker kulit. Kanker ini dapat dicegah dengan cara memakai jilbab. Sebuah penelitian terkini menunjukkan fakta bahwa memakai baju terbuka dan ketat terlalu sering dapat meningkatkan resiko terserang kanker melanoma.

Kanker kulit ini dipicu oleh banyaknya waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari dalam kondisi tanpa tabir sama sekali. Antibodi yang terus terkikis lama kelamaan akan habis dan berubah menjadi tumor kulit yang kemudian tumbuh menjadi kanker kulit.

  • Alergi sinar matahari menjadi salah satu penyakit unik yang nyata adanya. Bagi para pengidap alergi ini, pemakaian jilbab dapat membantu meringankan. Biasanya alergi akan kumat ketika terpapar sinar matahari dalam bentuk gatal-gatal yang bukan diakibatkan oleh keluarnya keringat.
  • Biasanya, wanita akan berlomba-lomba memiliki kulit tubuh yang cerah. Putih – cerah telah dianggap sebagai sebagai ukuran kecantikan pada wanita. Namun ternyata, orang-orang berkulit putih – cerah justru lebih besar resikonya terbakar sinar matahari.

Disebut terbakar karena daya tahan orang berkulit cerah hanya sekira 15 menit. Bagaimana jika ia harus beraktivitas di bawah sinar matahari dalam hitungan jam ? Biasanya kulit akan terbakar dengan ciri kulit memerah.

  • Bagi para ibu yang memiliki bayi, jilbab akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesterilan ASI. Terpapar sinar matahari terus menerus akan merusak enzim yang dikandung oleh ASI. Namun berkat jilbab, tubuh dapat menghasilkan antibodi yang baik bagi perkembangan ibu dan bayi.
  1. Melindungi dari Cuaca

Akhir-akhir ini, cuaca sudah sulit diprediksi.Bulan-bulan yang seharusnya menjadi jatah musim kemarau malah dituruni hujan lebat, dan sebaliknya.Bagi para wanita yang ingin tubuhnya selalu terlindungi dapat bersyukur.Jilbab dapat menghangatkan tubuh pemakai ketika cuaca dingin.Jilbab juga menghindari rasa panas yang langsung diberikan dari kontak sinar matahari di luar ruangan.

  1. Mengurangi Pengangguran

Banyak wanita berjilbab yang ditolak oleh kantor berskala besar. Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah wanita berjilbab di Indonesia dan dunia, hal ini dapat diatasi.Bisnis garmen menjadi jawabannya.

Berkecimpung di dunia konveksi sudah berpotensi menyebarluaskan kebaikan sehingga bernilai da’wah sekaligus memperkuat ekonomi sendiri. Hebatnya lagi, kita malah dapat membantu teman kita yang sedang susah karena sudah lulus sekolah tetapi terus menjadi pengangguran. Bisnis konveksi kebutuhan muslimah secara online maupun offline cukup menjanjikan.

Itulah keenam manfaat mengenakan jilbab bagi muslimah.Bahkan wanita kafir pun banyak yang iri dengan ajaran Islam. Mengapa agama yang diturunkan pada masa kebodohan sudah berfikir jauh ke depan. Ia mengangkat deraja wanita tanpa memilih kriteria wanita seperti apa. Jilbab menjadi bentuk bukti cinta Islam kepada muslimah.

Comment Closed: 6 Manfaat Berjilbab bagi Muslimah

Sorry, comment are closed for this post.