Menu Click to open Menus
Home » Fashion » 6 Desainer Baju Muslim Terkenal dari Indonesia

6 Desainer Baju Muslim Terkenal dari Indonesia

(245 Views) February 18, 2017 9:45 am | Published by | Comments Off on 6 Desainer Baju Muslim Terkenal dari Indonesia

Indonesia menjadi negara yang tidak berasaskan Islam namun memiliki penduduk mayoritas beragama Islam. Fakta ini membuat banyaknya produksi barang dan jasa untuk orang-orang muslim dalam negeri terus bertumbuh.

Salah satu kebutuhan para muslim Indonesia yang berkaitan dengan syari’at agama Islam adalah kebutuhan akan kain serta pakaian. Dalam Islam, seorang wanita muslim diharuskan menutup aurat tubuhnya yang meliputi seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Untuk dapat menjalankan syari’at tersebut tentunya dibutuhkan kain yang tidak sedikit.

Namun seiring dengan kewajiban para muslimah untuk menutupi auratnya, dunia mode di Indonesia juga terus berkembang. Perkembangan ini terutama meliputi pada gaya fashion agar lebih sesuai dengan trend dunia. Hanya saja, kebanyakan model pakaian fashionable lebih leluasa dipakai oleh perempuan tanpa hijab.

Beberapa wanita muslim asal Indonesia yang menyadari akan fenomena ini mencoba menyetarakan kedudukan. Dengan bakat yang mereka miliki, mereka mencoba mengeksplorasi kearifan budaya local Indonesia. Kemudian mereka memadukan unsur-unsur Islami ke dalam busana muslim yang dirancangnya. Beberapa diantara mereka bahkan sempat mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat luar negeri.Inilah para desainer baju muslim terkemuka dari Indonesia.

  1. Dian Pelangi

Ecole Superieur des Arts et Techniques de la Mode (ESMOD) menjadi institusi yang menelurkan desainer baju muslim paling tersohor di negeri ini. Dian Pelangi masih muda, tetapi karya-karyanya telah diakui oleh masyarakat muslim luar negeri. Selain menjadi desainer, ia juga mengembangkan bisnis busana muslim sendiri dengan beberapa nama butik.

Dian mendapatkan julukan pelangi karena ia memberikan warna-warna cerah yang selalu ceria di setiap baju yang diciptakannya. Di samping itu, ia berusaha menghadirkan budaya daerah di Indonesia di dalam baju rancangannya. Misalkan saja busana muslim yang disematkan batik, tenun atau songket.

Tempat lahirnya yang berada di Palembang mempengaruhi kepribadian Dian Pelangi.Ia sangat lihai memadukan warna-warna yang ada agar tampak menyatu. Beberapa waktu lalu, kemampuannya di bidang fashion ini diketahui oleh masyarakat luar negeri. Dian pun menjadi tamu undangan di The International Fair of Muslim Word di Le Bourget -sebuah ajang pamer busana muslim tingkat dunia di Paris, Perancis.

Tidak berhenti hanya menjadi desainer yang merangkap pengusaha.Dian juga menyadari pentingnya mengabadikan karya melalui karya tulis.Di tahun 2012 silam, gadis ini sudah berhasil menyelesaikan sebuah buku yang mengulas dunia hijab jalanan berjudul “Hijab Street Style.”Sampai kini, terus memperjuangkan hijab di dunia fashion internasional.

  1. Ria Miranda

Perempuan kelahiran 1985 ini juga lulusan ESMOD, sama seperti Dian Pelangi. Namun trend-nya di Indonesia tidak sama dengan pengaruh fashion hijab yang dibawakan oleh Dian Pelangi. Ria Miranda membuat label industri fashion muslimah sendiri dengan bendera Riamiranda. Dari label yang dibuatnya sendiri, Ria mengeksplorasikan secara bebas kreatifitasnya dalam berkarya.

Ternyata Ria Miranda ini juga wanita milik Sumatra, sama dengan Dian Pelangi. Kampung halamannya berada di Padang, Sumatra Barat. Namun caranya mewarnai dunia mode fashion Indonesia agak berbeda dengan Dian Pelangi. Ria Miranda lebih menyukai fokus di media social yang menyebarkan informasi dengan sangat cepat.

Ria Miranda ini merupakan seorang penulis buku. Ia menceritakan segala perjalanan karirnya sejak awal dalam sebuah buku berjudul “Passhion!.” Buku ini menginspirasi banyak muslimah Indonesia. Selain menulis dan mendesain, Ria berusaha mengajak muslimah melakukan aksi-aksi sosial dan keagamaan. Inspirasinya dikeluarkan dengan cara mendirikan sebuah komunitas muslimah bernama “Hijabers Community Indonesia” yang telah memiliki banyak cabang di beberapa daerah.

  1. Restu Anggraini

Mercedes-Benz Fashion Week Tokyo 2015 menjadi ajang fashion luar negeri yang membesarkan namanya. Namun tidak ada yang instan dari sebuh kesuksesan. Begitu pula Restu Anggaraini yang menamai label desainnya ‘ETU.’ ETU telah dikenal di dunia internasional dengan gaya khasnya yang menyuguhkan desain klasik sedikit vintage yang unik.

Respon positif dunia internasional sebenarnya menjadi bayaran Restu karena tetap konsisten dengan jiwa desain yang dimilikinya. Restu mengawali karir di luar bidang desain, tepatnya ia bekerja sebagai tenaga marketing. Tidak ada keharusan bagi dirinya untuk menjadi desainer tingkat dunia. Namun karena ia terus mendalami ilmu desain yang memang asli menjadi bakatnya, karirnya terus meroket.

Sebenarnya ia bersama dengan sahabatnya yang berjumlah 2 orang. Awalnya Restu memperkenalkan desain-desain baju muslimnya secara iseng saja.Kenyataannya desain-desain uniknya banyak yang digandrungi muslimah. Ditambah lagi dengan jaringan kuatnya di instagram dan sosial media lain, Restu akhirnya menjadi desainer yang diperhitungkan dunia internasional.

  1. Nanida Jenahara Nasution

Jiwa fashion yang ditularkan oleh ibunya, Ida Royani tidak melenakan Jenahara. Perempuan muslim ini mengawali karirnya tanpa membesar-besarkan nama ibunya yang memang sudah diperhitungkan di dunia fashion Indonesia.

Jenahara memilih fokus menjadi desainer busana muslim. Namanya telah berkibar karena usaha kerasnya.Sekarang, ada 3 industri yang dimilikinya. Semuanya merupakan industri pakaian muslim yang memuat pakaian hasil desainnya.

Bersama dengan Ria Miranda, Jenahara termasuk salah satu founder ‘Hijabers Community Indonesia.’ Melalui wadah inilah Jenahara berbagi inspirasi mengenai busana muslim sekaligus memotivasi perempuan muslim Indonesia untuk menjalankan perintah agamanya.

Jenahara dikenali dari desainnya yang unik.Gaya tidak simetris yang dirancang untuk tetap nyaman dikenakan ternyata memiliki penggemar sendiri.Keunikan desainnya ini mengantarkan Jenahara ke ajang Hongkong Fashion Week beberapa waktu silam.

  1. Zaskia Adya Mecca

Mantan aktris yang namanya lebih dulu dikenal public dari film-film yang dibintanginya. Zaskia maju memperkenalkan kebolehan Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia.Semuanya telah diawali dari ajang Indonesian Moslem Fashion Week 2015.

Zaskia yang sekarang telah bersuamikan Hanung Bramantyo ini memberi nama pada desainnya ‘Meccanism.’ Ciri khasnya adalah mode pakaian muslim yang sederhana dan kasual. Ia tidak terlalu menyukai tambahan aksen-aksen ribet yang diletakkan di baju muslim.

  1. Zaskia Sungkar

Sama-sama bernama Zaskia dan pernah merasakan dunia entertainment, Zaskia Sungkar berbeda dengan Zaskia Adya Mecca.Ia lebih tertarik menjadikan gaya busana para ratu dari Perancis sebagai sumber inspirasi gaya busananya.

Comment Closed: 6 Desainer Baju Muslim Terkenal dari Indonesia

Sorry, comment are closed for this post.