Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kecantikan » 5 ‘Obat’ Pembasmi Ketombe Yang Bisa Anda Temukan Di Dapur

5 ‘Obat’ Pembasmi Ketombe Yang Bisa Anda Temukan Di Dapur

(813 Views) April 27, 2016 5:25 pm | Published by | Comments Off on 5 ‘Obat’ Pembasmi Ketombe Yang Bisa Anda Temukan Di Dapur

ketombeKulit kepala gatal karena ketombe tentu sangat mengganggu. Terlebih untuk wanita yang mengenakan jilbab. Menggaruk-garuk kepala terus menerus tentunya tak elok dipandang mata dan juga mengganggu aktivitas.

Ketombe bisa disebabkan beberapa hal, antara lain stres, jamur/bakteri, kulit berminyak, penyakit, hormon, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Untuk wanita berjilbab rambut dan kulit kepala bisa jadi lebih lembab, karena tertutup. Lembab ini bisa memicu timbulnya jamur atau bakteri yang menyebabkan ketombe.

Masalah ketombe memang harus segera diatasi, namun bukan berarti Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan di salon. Anda cukup pergi ke dapur dan temukan 5 ‘obat’ pembasmi ketombe berikut ini.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan mengoleskan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala hingga rata, kemudian remas-remas kulit kepala hingga air jeruk nipis meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Setelah itu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Sahabat dapat mencoba cara ini secara rutin hingga ketombe benar-benar hilang.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal ampuh untuk menghilangkan ketombe, karena minyak kelapa mempunyai kandungan Vitramin E dan asam lemak yang dapat menghilangkan dan memberantas ketombe. Caranya dengan menggunakan minyak kelapa sebagai pijat minyak untuk memijat kulit kepala setiap malam sebelum sahabat tidur. Kemudian balut kepala dengan menggunakan handuk panas dan diamkan selama beberapa menit hingga minyak rata dan meresap ke seluruh permukaan kulit kepala, setelah itu bilas hingga bersih.

Cuka Putih

Cara menghilangkan ketombe salnjutnya adalah dengan cuka putih. Cuka putih merupakan obat penghilang ketombe yang sangat baik untuk dicoba dan dipraktekkan di rumah. Caranya dengan mencampur secangkir cuka putih dengan secangkir air, kemudian tuang atau siramkan pada kulit kepala setelah keramas, dan gunakan pada bilasan terakhir. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Soda Kue

Selain menggunakan cuka putih, sahabat juga dapat mencoba menggunakan soda kue untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya dengan membasahi sedikit rambut sahabat, kemudian ambillah segenggam soda kue dan gosokkan pada kulit kepala secara merata. Setelah itu bilaslah dengan air bersih hingga semua soda benar-benar hilang dari kulit kepala anda.

Garam

Garam bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang berlebihan. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengambil garam sebelum mencuci rambut, kemudian taburkan garam pada kulit kepala secara merata, setelah itu gosok-gosok hingga garam meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Bilas dengan menggunakan air bersih dan shampoo.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dan satu hal yang penting untuk diingat, meskipun rambut kita tertutup, bukan berarti kita mengabaikan kebersihan dan kesehatan rambut kita.

Sumber: Cantikinfo.net

 

Comment Closed: 5 ‘Obat’ Pembasmi Ketombe Yang Bisa Anda Temukan Di Dapur

Sorry, comment are closed for this post.