Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » 3 Tugas Utama Orang Tua Terhadap Anak Menurut Ajaran Islam

3 Tugas Utama Orang Tua Terhadap Anak Menurut Ajaran Islam

(808 Views) June 12, 2015 3:08 am | Published by | Comments Off on 3 Tugas Utama Orang Tua Terhadap Anak Menurut Ajaran Islam

keluarga-islami2Anak merupakan anugerah sekaligus titipan Allah SWT yang sangat berharga, oleh sebab itu sebagai orang tua hendaknya mampu merawat dan membimbing mereka agar selalu berjalan di jalan yang benar dan tidak melanggar perintah yang diberikan oleh Allah SWT. Tanggung jawab seperti itu tentu saja bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan, namun sebagai orang tua, anda harus berusaha sekuat tenaga untuk menunaikan kewajiban tersebut, agar keluarga anda selalu diridhai oleh Allah SWT. Lalu, apa saja sebenarnya tugas utama yang wajib dan harus dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya menurut ajaran Islam? Berikut ini ulasan lengkapnya :

  • Merawat dan membesarkan anak dengan menggunakan nafkah yang halal

Salah satu tugas utama seorang anak adalah mencari nafkah untuk istri dan anak-anaknya dengan cara yang halal. Sedangkan seorang ibu bertugas sebagai wakil ayah di dalam keluarga, dalam hal ini tugas seorang ibu adalah untuk mengasuh anak-anak dan mengatur rumah tangga

  • Mendidik anak untuk taat beribadah

Orang tua juga harus bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka untuk taat beribadah. Sebagai orang tua, mereka wajib menanamkan aqidah yang benar kepada anak-anaknya sehingga anak-anak terhindar dari perbuatan syirik.

  • Mencarikan jodoh bila anaknya sudah cukup dewasa

Bila anak dirasa sudah cukup umur untuk menikah, hendaknya orang tua mencarikan pendamping hidup atau setidaknya mengarahkan anaknya agar mendapat pendamping hidup yang tepat dan berakhlak baik.

Comment Closed: 3 Tugas Utama Orang Tua Terhadap Anak Menurut Ajaran Islam

Sorry, comment are closed for this post.