Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » 3 Langkah Meyakinkan Diri Sebelum Menikah

3 Langkah Meyakinkan Diri Sebelum Menikah

(208 Views) April 6, 2017 4:02 am | Published by | Comments Off on 3 Langkah Meyakinkan Diri Sebelum Menikah

Jika berbicara mengenai pernikahan dan serba-serbinya, memang akan banyak hal yang akan dibicarakan dan dibahas. Mengingat bahwa pernikahan bukan sesuatu yang sederhana dan banyak hal yang memang harus dipersiapkan dan dipikirkan. Bagi sebagian pemuda maupun pemudi yang sebenarnya sudah dikategorikan mampu untuk menikah, banyak dari mereka yang masih menunda untuk menuju pada prosesi agung tersebut karena mereka masih belum yakin untuk menikah. Dia merasa belum siap untuk menikah karena masih banyak hal yang perlu dipelajari. Jika seorang pemuda atau pemudi sudah pada kondisi tersebut, maka hal yang perlu mereka lakukan ialah dengan meyakinkan diri untuk menikah. Meyakinkan diri sebelum menikah memang suatu hal yang sangat penting mengingat bahwa pernikahan memang sesuatu yang butuh keyakinan dan persiapan yang matang. Namun demikian, mereka juga tidak perlu untuk siap dan matang atau mapan dalam segala aspek ketika hendak menikah, karena sejatinya pernikahan merupakan tempat atau wadah untuk pasangan belajar dan berproses. Apa saja langkah-langkah untuk meyakinkan diri sebelum menikah? Berikut penjelasannya.

Minta Petunjuk Allah

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika hendak meyakinkan diri untuk menikah ialah dengan meminta petunjuk Allah. Hal yang harus anda ingat ialah bahwa Allah merupakan Zat yang mengetahui segala hal yang baik maupun yang buruk atas segala sesuatu yang ada di Bumi ini, termasuk baik atau tidaknya wanita yang akan anda nikahi. Oleh karena itu, libatlah selalu Allah jika anda ingin selalu mendapatkan petunjuk dari Allah. Selain itu, segala sesuatu yang baik menurut Allah pasti akan baik menurut anda meskipun anda berpikiran bahwa itu merupakan hal yang buruk, begitu juga sebaliknya bahwa segala sesuatu yang menurut anda baik, belum tentu menurut Allah baik. Oleh karena itu, meminta petunjuk Allah merupakan hal yang harus dilakukan.

Libatkan Orang Tua

Salah satu langka yang bisa anda lakukan untuk meyakinkan diri untuk menikah ialah dengan meminta pendapat orang tua kaitannya dengan keinginan anda untuk menikah. Orang tua memang menjadi pihak pertama yang seharusnya anda datangi ketika anda ingin menikah. Karena orang tua merupakan pihak yang pas untuk memberikan rekomendasi kaitannya dengan kesiapan anda untuk menikah. Orang tua juga menjadi pihak yang bertanggung jawab serat mengenal karakter anda sejak lahir, oleh karena itu dengan meminta pendapat dari orang tua anda, maka diharapkan anda semakin meyakinkan anda untuk menikah.

Mintalah pendapat orang tua anda sekaligus mintalah izin kepada orang anda ketika anda ingin menikah, ketika orang tua menyetujui anda untuk menikah bahkan memberikan persetujuan tanpa syarat, itu berarti bahwa memang orang tua anda sudah mengharapkan anda untuk menikah. Namun jika orang tua anda belum menyetujui anda, anda bisa menanyakkan kaitannya dengan keberatan orang tua atas permintaan anda untuk menikah. Selain itu, banyak orang juga mengatakan bahwa banyak insting dari orang tua yang tidak pernah meleset, hal tersebut bisa anda manfaatkan untuk menanyakan pendapat orang tua kaitannya dengan calon istri yang akan anda lamar.

Ketahui Calon Anda lebih Jauh

Langkah terakhir namun bukan yang paling akhir yang harus anda lakukan untuk meyakinkan diri untuk menikah ialah dengan mengetahui sifat atau karakter calon pasangan anda lebih jauh dan lebih objektif. Tentunya untuk mengetahui sifat atau karakter tersebut anda tidak dengan menanyakan langsung ke yang bersangkutan. Anda bisa menanyakan karakter atau sifat calon tersebut dengan orang-orang terdekatnya, misalnya: guru ngajinya, teman dekatnya atau saudarannya.

Tags:
Categorised in:

Comment Closed: 3 Langkah Meyakinkan Diri Sebelum Menikah

Sorry, comment are closed for this post.