Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Cegukan Waktu Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Cegukan Waktu Puasa? Begini Cara Mengatasinya

(537 Views) June 8, 2016 4:52 pm | Published by | Comments Off on Cegukan Waktu Puasa? Begini Cara Mengatasinya

3-hal-penting-yang-harus-diketahui-tentang-cegukanApa yang Anda lakukan pertama kali saat Anda cegukan? Pasti kebanyakan dari kita akan menjawab minum air putih . Lantas bagaimana kalau kita cegukan pada saat puasa? Bolehkah kita membatalkan puasa untuk minum? Hmm.. jangan terburu-buru membatalkan puasa hanya karena cegukan. Ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi cegukan tanpa harus minum dan membatalkan puasa.

Tahan Napas

Tahan nafas Anda selama beberapa detik.Tubuh akan bekerja dengan membawa udara menekan saraf-saraf di kepala sehingga bisa meredakan cegukan. Ulangi dua hingga tiga kali kalau percobaan tahan napas yang pertama masih belum berhasil.

Menggunakan Kantung Kertas

Ambil kantung kertas, lalu tarik napas dan keluar napas dengan meniup kantung kertas tersebut (kantung kertas akan mengembang dan mengempis setiap kali Anda bernapas). Cara ini bisa meningkatkan kadar karbondioksida dalam aliran darah sehingga tubuh secara otomatis bisa meredakan cegukan yang Anda rasakan.

Tutup Lubang Telinga dengan Jari Telunjuk

Jika sudah menahan nafas tidak mempan dan Anda masih tetap cegukan, tutup kedua lubang telinga Anda dengan menggunakan jari telunjuk. Tahan beberapa saat sampai cegukan hilang. Beberapa ujung saraf vagus berada di sistem pendengaran kita. Tekanan dari ujung jari telunjuk bisa membantu Anda meredakan cegukan yang Anda alami.

Minta Digelitiki

Cara ini memang terbilang aneh, namun ternyata sangat ampuh untuk mengatasi cegukan. Dengan digelitiki teman akan membuat Anda tertawa dan saraf tubuh Anda bisa “teralihkan perhatiannya” dan cegukan bisa hilang dengan sendirinya.

Sumber: Vemale.com

Comment Closed: Cegukan Waktu Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Sorry, comment are closed for this post.